Pencarian

Thursday, February 28, 2013

Cara Mengaktifkan Fitur Hibernate Pada Windows XP


Bagi sobat pengguna windows xp, tentunya kita tidak bisa langsung menikmati fasilitas hibernate seperti yang ada pada windows 7. Pertemuan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang windows xp, berhubung tadi malam saya baru ganti system operasi dari windows 7 ke windows xp.

Pada windows saya tidak menjumpai adanya fasilitas hibernate seperti yang ada pada windows 7. Nah, setelah saya utek-utek, ternyata ketemu, disitu kita disuruh untuk mengaktifkan/enable dulu fasilitas hibernate nya. Maka dari itu saya posting artikel ini agar dapat membantu sobat semuanya, khususnya pengguna microsoft windows xp. Dan bagi pengguna non windows xp, di buat ilmu pengetahuan saja. :D

Sebenarnya apa fungsi hibernate pada Sistem Operasi Windows itu? 
Hibernate itu berfungsi untuk menyimpan proses dan data terakhir yang dijalankan oleh aplikasi. Sehingga bila sebuah komputer dilakukan hibernate, tampilan sebelum dimatikan dan sesudah dihidupkan akan sama. Proses Hibernateberbeda dengan Stand By. Sebuah komputer yang telah di hibernate, dapat dipindah-pindahkan atau dibawa kemana saja meski tidak ada catu daya/listrik. Sedangkan Stand By, sebuah komputer harus selalu terhubung dengan catu daya / listrik.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Hibernate pada Windows XP ?
1. Pastikan bahwa Driver VGA pada komputer/laptop sudah terinstal dengan baik.
2. Klik kanan Desktop > Properties
3. Pada tab Screen Saver , klik tombol Power
4. Pada tab Hibernate, klik Enable hibernation. Yang harus menjadi perhatian, pastikan bahwa ruang kosong pada hard disk anda mencukupi untuk melakukan hibernate. (Free disk space lebih besar dari Disk space required to hibernate) 
5. Langkah selanjutnya Klik OK sampai selesai.
Proses mengaktifkannya sudah selesai dilaksanakan, tinggal bagaimana cara melakukan hibernate.
Untuk melakukannya kita klik tombol Start > Turn Off. Akan muncul layar berikut ini :
Lalu tekan tombol SHIFT pada Keyboard. Tampilan akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini :
Klik tombol Hibernate, untuk memulai proses hibernatenya.
Semoga postingan klai ini dapat bermanfaat buat sobat semuanya khusunya pengguna windows xp.. dan menjadi ilmu pengetahuan bagi pengguna non windows xp. sampai bertemu lagi.. :k

0 komentar:

Post a Comment

Pages - Menu